Dinkes Pangkalpinang Gencar Berikan Vaksin HPV,  Lindungi Generasi Muda dari Infeksi Kanker Serviks 

Sekretaris Dinkes, dr. Tri Wahyuni, Sabtu (14/9/2024).

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang gencar dalam pemberian vaksin Human Papilloma Virus (HPV) kepada anak, dimulai dari kelas 5 dan 6 SD.

Bahkan pemberian Imunisasi ini dipantau langsung oleh Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang, Yuniar Putia Rahma.

Sekretaris Dinkes Kota Pangkalpinang, dr. Tri Wahyuni menuturkan imunisasi ini rutin dilakukan, sesuai dengan program Pemerintah Pusat, laporan ini akan mulai rutin disampaikan mulai bulan depan.

“Imunisasi HPV bertujuan untuk mencegah infeksi virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks pada perempuan. Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum di Indonesia, dan pemberian vaksin HPV sejak dini sangat penting untuk melindungi generasi muda dari penyakit ini,” katanya, Sabtu (14/9/2024).

Imunisasi ini juga tidak hanya bermanfaat dalam pencegahan kanker serviks, tetapi juga sebagai bentuk perlindungan jangka panjang bagi kesehatan reproduksi perempuan dan vaksinasi HPV akan memberikan perlindungan terhadap dua jenis virus HPV yang paling umum menyebabkan kanker serviks, yaitu HPV tipe 16 dan 18.

“Melalui upaya ini, diharapkan generasi muda Pangkalpinang dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari risiko penyakit serius dimasa depan, terlebih sebentar lagi kita menuju Indonesia Emas 2024,” katanya.

Target sasaran imunisasi ini ialah sebanyak 1.523 siswi, pentingnya peran orang tua juga sangat menentukan tercapai dan suksesnya program ini.

“Dengan peran orang tua dalam memberikan pengertian kepada anak untuk mau imunisasi juga menjadi peranan besar, suksesnya ini perlu sinergitas bersama,” katanya. (dnd).