Desa Kurau Barat Jadi Lokasi Desa Perikanan Cerdas 2024 KKP RI

KOBA, LASPELA- Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung ditetapkan sebagai lokasi Desa Perikanan Cerdas tahun 2024 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

“Alhamdulillah, kita bersyukur untuk Desa Kurau Barat jadi subtematik dari ini memang perikanan budidaya air payau, di Kurau Barat ini budidaya air payau cukup menjanjikan,” kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Jumat (13/9/2024).

Ia mengatakan Desa Kurau Barat akan mendapatkan manfaat dengan adanya pendekatan dari pemerintah mulai dari hulu hingga ke hilir sebagai desa perikanan cerdas yang ditetapkan oleh KKP RI.

“Desa ini tentu akan dikembangkan, terutama kerja sama, kemudian pinjaman modal akan dilakukan, wisata mangrove juga akan dikembangkan, promosi, serta praktek taruna yang akan diterjunkan ke desa cerdas,” jelasnya.

Ia mengatakan Desa Kurau Barat sangat responsif terhadap apa yang diharapkan oleh pemerintah seperti pemanfaatan-pemanfaatan daerah pesisir pantai.

“Contohnya lahan mangrove yang sudah dioptimalkan. Mudah-mudahan dengan demikian bisa dikembangkan hal-hal yang baru terhadap wilayah yang lain di Bangka Tengah terutama jadi desa cerdas perikanan,” tutup Algafry. (jon)