Musim Pancaroba, Sejak Tiga Bulan Terakhir Ratusan Warga Toboali Terinfeksi ISPA, Ini Cara Antisipasinya

Kepala Puskesmas Toboali, dr Annisa Nur Intan, Selasa (20/8/2024)

TOBOALI, LASPELA – Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) mulai marak di alami masyarakat Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Penyakit yang sering terjadi saat peralihan musim, atau perubahan cuaca (Pancaroba) menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pernapasan, hidung, tenggorokan, saluran pernapasan utama (bronkus), dan paru-paru, yang mencakup gejala, seperti pilek biasa, flu, batuk, radang tenggorokan (Faringitis), serta bisa terjadinya radang paru-paru (pneumonia).

“ISPA merupakan penyakit yang bisa menular dengan penyebarannya yang terjadi melalui partikel kecil yang dikeluarkan dari seseorang saat batuk atau bersin yang mengandung virus atau bakteri sebagai penyebab tertular penyakit tersebut,” kata Kepala Puskesmas Toboali, dr. Annisa Nur Intan, Selasa (20/8/2024).

Annisa menjelaskan, saat ini Puskesmas Toboali telah menangani masyarakat yang telah mengalami penyakit ISPA kurang lebih ratusan pasien setiap bulannya.

“Teruntuk data tiga bulan yang lalu kita telah mengalami penyakit ISPA kurang lebih ratusan pasien setiap bulan, di mulai pada awal Mei 2024 dengan jumlah pasien 365, Juni 259 pasien
dan Juli 273 pasien serta termasuk minggu awal Agustus sudah ada 83 pasien yang kita tangani di Pukesmas Toboali,” jelasnya.

Ia menyebut, guna mengantisipasi penyebaran penyakit menular itu, pihaknya meminta masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Untuk mengantisipasi penyakit ISPA tersebut, kita harus bisa menjaga atau menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dengan cara mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga pola makan, istirahat dan olahraga serta lain sebagainya,” ujarnya.

Untuk itu, Annisa mengimbau kepada seluruh masyarakat Toboali termasuk Basel tetap melaksanakan PHBS setiap hari di musim Pancaroba seperti saat ini.

“Dengan cara menerapkan mencuci tangan saat selesai beraktivitas ataupun sebelum makan, menggunakan masker bila bepergian, makan – makanan seimbang, olahraga, istirahat yang cukup, terutama minum air putih yang cukup setiap harinya. Insyaallah bisa mencegah penyakit ISPA,” pungkasnya. (Pra)