Event Tahunan Pesona Kemilau Digelar 24 – 27 Juli, Pemkab Basel Harap Bisa Geliatkan Ekonomi Masyarakat

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Basel, Firmansyah

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DPKO) dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMINDAG) bakal menggelar kegiatan tahunan yakni Event Pesona Kemilau Basel serta UMKM Fair.

Kegiatan ini agar dapat menggeliatkan perekonomian bagi para UMKM maupun meningkatkan perputaran uang di Kabupaten Basel.

Kepala DPKO Basel Firmansyah menyebutkan, event Kemilau Pesona Basel ini akan dilaksanakan selama empat hari yakni 24 Juli hingga 27 Juli 2024.

“Pada empat hari kegiatan tersebut Pemkab Basel akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, pada hari pertama akan diadakan pembukaan dengan kegiatan keagamaan menghadirkan penceramah Ustadz Kasif Heer sekaligus santunan seribu anak yatim piatu,” ungkap Firmansyah, Kamis (11/7/2024).

Di malam harinya, Dindikbud Basel juga mengadakan kegiatan pemilihan Putra – Putri Kebudayaan Basel, dan juga akan diadakan pemilihan Bujang Dayang Basel, namun hal itu masih dikoordinasikan karena terdapat beberapa hal yang masih harus dilengkapi.

“Untuk hari kedua, diadakan festival band yang pesertanya adalah seluruh Babel, serta ada juga dari band lokal dengan persyaratannya sebagai berikut, untuk festival band open all Babel itu terdapat 2 lagu yang dinyanyikan untuk band lokal terdapat 5 lagu yang dinyanyikan atau dicover,” ujarnya.

Lanjut hari ketiga ada kegiatan pentas tari kreasi juga dibuka all open Babel yang dilaksanakan pada malam hari atau dimulai dari sore hari, sedangkan paginya akan diadakan kegiatan Bazar, lomba yang diikuti para anak sekolah seperti lomba mewarnai ataupun hal lainnya.

“Pada hari keempat atau penutupan nantinya akan dihibur oleh Band ternama Indonesia yakni Wali Band, dan ini gratis tidak ada pungutan apapun apabila masyarakat ingin menonton, kecuali untuk parkir mungkin bayar karena sudah ada petugasnya,” bebernya.

Sedangkan untuk UMKM Fair ini nantinya akan ada konsep yang beda dihadirkan oleh DKUKMINDAG Basel, tetapi itu ranah dari fians terkait silahkan konfirmasi.

“Ayo ramaikan event ini, agar perputaran ekonomi di Basel meningkat, UMKM ceria dan Kabupaten Basel semakin dikenal,” pungkas Firman. (Pra)