Pendonor Darah 50 dan 75 Kali di Pulau Bangka Terima Penghargaan dari PMI Babel

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberikan penghargaan kepada para pendonor darah yang mencapai angka minimal 50 dan 75 kali di Pulau Bangka.

Penyerahan bagi penerima penghargaan 50 kali untuk 8 pendonor darah, dan 75 kali bagi 13 pendonor itu berlangsung di Halaman Markas PMI Babel Jalan Mentok, Pangkalpinang, Rabu (26/6/2024).

Penghargaan berupa jam tangan, baju batik dan piagam kepada pendonor 50 kali diserahkan Ketua PMI Babel, Abdul Fatah.

Sementara penghargaan berupa emas antam, jam tangan, baju batik, dan piagam kepada pendonor 75 kali diserahkan Pj Gubernur Babel, Safrizal diwakili Plt Asisten II Setda Pemprov Babel, Hartono.

Ketua PMI Babel Abdul Fatah menyampaikan selamat dan terima kasih kepada para pendonor yang telah mendorkan darahnya hingga angka minimal 50 kali dan minimal 75 kali.

Ia berharap apa yang dilakukan para pendonor penerima penghargaan ini, menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya, untuk tidak takut dan tak pernah berhenti membantu sesama yang sedang membutuhkan darah.

PMI Provinsi Babel, kata Abdul Fatah, juga terus berupaya meningkatkan layanan bidang darah ini, dengan berbagai langkah. Diantaranya melakukan intervensi bagaimana menarik masyarakat untuk datang mendonorkan darahnya ke PMI.

Selanjutnya, PMI Provinsi bersama PMI Kabupaten/Kota di Babel juga akan melakukan jemput bola hingga ke Tingkat Kecamatan, Kelurahan atau Desa berkenaan dengan donor darah ini.

Sebab, dibeberkan Abdul Fatah, selama tahun 2023 permintaan darah di Babel mencapai angka 25.188 kantong. Sementara stok darah di PMI se-Babel hanya 20.518 kantong.

“Artinya dari data tersebut pemenuhan kebutuhan stok darah baru di kisaran 82 persen,” jelasnya.

Pj Gubernur Babel Safrizal melalui sambutannya yang dibacakan Plt Asisten II Setda Pemprov Babel, Hartono memberikan apresiasi yang tinggi kepada PMI Provinsi Babel yang telah menyelenggarakan kegiatan penghargaan ini.

Ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada para pendonor darah yang telah antusias sukarela menyumbangkan darahnya.

“Semoga kegiatan ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, serta dapat mendorong minat masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. Sebab, setiap tetes darah kita sangat berarti bagi orang lain,” ujarnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, melalui donor darah juga berdampak positif terhadap Kesehatan tubuh.

“Saya mengajak seluruh masyarakat mengikuti teladan para pendonor darah sukarela ini. ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang butuh perhatian dan kerja sama semua pihak agar stok darah di Babel bisa terpenuhi sesuai kebutuhan,” ungkapnya.

Pemprov Babel, ditegaskannya, akan terus mendukung kegiatan mulia ini, sesuai dengan tema semangat berbagi “One Blood, One Life, On Team”.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan sumbangan darah,” tutupnya.

Pemberian penghargaan bagi para pendonor darah tersebut, turut dihadiri unsur Forkopimda, Jajaran Pengurus PMI Provinsi, Kabupaten/Kota, Penerima Penghargaan Pendonor 50 dan 75 kali, Penerima Penghargaan Penyelenggara donor darah, Penerima penghargaan pemberi dukungan tetali batin kegiatan donor darah.(chu)