Ratusan Pantarlih se Kecamatan Sungailiat Dilantik, Lakukan Coklit Langsung ke Rumah-rumah

Pantarlih se-Kecamatan Sungailiat saat dilantik di Gedung Grha Maras, Pemkab Bangka

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 245 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se-Kecamatan Sungailiat resmi dilantik, di ruang Graha Maras Pemkab Bangka, Senin (24/6/2024).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka, Sinarto mengatakan, ratusan petugas tersebut berasal dari 12 kelurahan dan satu desa.

“Mereka ini akan bertugas di 123 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kecamatan Sungailiat,” kata Sinarto.

Tak hanya di Sungailiat, pelantikan Pantarlih juga dilakukan di tujuh kecamatan lainnya, dengan total 880 orang.

Dikatakannya, Partarlih ini memiliki tugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih pada Pilkada Serentak 2024.

“Jadi tugas Pantarlih adalah coklit yang nanti hasilnya akan dilakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bangka. Sebab, bisa jadi ada warga yang telah meninggal dunia, pindah jiwa atau karena sebab tertentu tidak dapat menjadi pemilih,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sungailiat Raffi mengatakan, semua Pantarlih setelah dilantik akan langsung turun ke rumah-rumah warga dengan masa tugas 24 Juni-25 Juli 2024.

“Sebelum mereka turun, semua Pantarlih hari ini akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk memberi pemahaman tentang tugas dan fungsi mereka ketika menjalankan tugas,” kata Raffi. (mah)