Bambang Patijaya Berharap Pelaku UMKM Babel Go Internasional

* Dongkrak Ekonomi di Tengah Turbulensi

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi VII dari Dapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Bambang Patijaya berharap UMKM di Bangka Belitung ini terus berkembang sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Babel.

“Saya merasa senang dan bangga atas kunjungan Pak Wamendag ke Babel, yang mana meninjau langsung ke tempat produksi UMKM di Babel ini, yang merupakan salah satu makanan khas masyarakat Babel,” ujarnya Bambang Patijaya kepada awak media, Minggu (23/6/2024).

Bambang Patijaya juga berharap dengan adanya kunjungan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Republik Indonesia (RI) Jerry Sambuaga ke Bangka Belitung dapat memberikan semangat kepada pelaku UMKM.

“UMKM di Bangka Belitung merupakan produk lokal dan kita sangat bangga yang disampaikan Pak Wamendag bahwa produk lokal kita sudah go internasional, saya berharap produk-produk lokal terus berkembang,” ucap tokoh politik nasional ini.

Diakui BPJ sapaan akrabnya menyebutkan meski saat ini ekonomi di Bangka Belitung melemah, pada kuartal pertama tahun ini, pertumbuhan ekonomi hanya 1 persen, terendah diantara 10 Provinsi di Sumatera, tentu ini menjadi perhatian bersama.

“Rendahnya pertumbuhan ekonomi di Babel salah satu penyebab faktor pertambangan timah yang mana timah ini menjadi lokomotif ekonomi mengalami turbulensi,” katanya.

Bambang Patijaya berharap dengan adanya UMKM ini dapat memberikan semangat kepada pelaku UMKM lain untuk terus tumbuh berkembang memberikan lapangan pekerjaan dan pemberdayaan ekonomi lokal.

“Dengan ini kita secara pelan-pelan bisa melakukan transformasi ekonomi, jadi masyarakat Babel tidak hanya bergantung ke timah terus, banyak sektor lain dapat menggerakkan perekonomian di Babel termasuk pelaku UMKM ini,” tutupnya.(chu)