Hari Kedua Idul Adha,  Seluruh Petugas Kebersihan Telah Aktif  Kembali Jaga Kebersihan Kota Pangkalpinang

Petugas sampah saat bertugas mengambil sampah masyarakat

PANGKALPINANG, LASPELA – Hari kedua lebaran Idul Adha, seluruh petugas kebersihan dibawah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang telah aktif kembali dan bertugas membersihkan Kota Pangkalpinang.

Pantauan Media Laskar Pelangi, petugas kebersiban pengambilan sampah mobil DLH dan petugas sapu disekitar Alun-alun Taman Merdeka mulai aktif kembali pada pagi tadi, Selasa (18/6/2024).

Kepala DLH Kota Pangkalpinang, Bartholomeus Soeharto, menuturkan prinsipnya petugas kebersihan DLH memang tidak ada yang libur.

“Pada malam lebaran mereka sudah membersihkan seluruh titik di Kota Pangkalpinang, terutama Pasar Pagi,” katanya.

Pada lebaran hari pertama pun, memang petugas pengambilan sampah siangnya tidak bekerja, namun malamnya mereka kembali bertugas.

“Kecuali mobil pink, dan petugas sapu yang bertugas di Masjid Agung Kubah Timah, jadi mereka stay disitu hingga salat ied selesai, namun petugas lainnya libur,”ujarnya.

Sementara untuk jumlah volume sampah di Idul adha sendiri, diprediksi Soeharto lebih sedikit dari pada tahun sebelumnya, tapi memang persentasinya belum diketahui.

“Kita belum menghitung karena kan masih berjalan, namun memang pada umumnya ada peningkatan dari hari-hari biasa dan prediksi jumlah sampah lebih sedikit,” katanya.

Namun sampah pada Idul fitri lah yang terbanyak, dimulai dari sampah puasa hingga lebaran.

“Baik sampah rumah tangga hingga sampah pedagang takjil, sehingga peningkatannya signifikan,” tuturnya. (dnd)