Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi, TPID Basel Terus Pantau Pergerakan Harga hingga Hari Raya Idul Adha

Rakornas Pengendalian Inflasi di Pemkab Basel dipimpin Pj Sekda, Haris Setiawan

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi yang dilakukan secara daring oleh Sekda dan seluruh anggota TPID Pemkab Bangka Selatan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah, Jumat (14/6/2024).

Rakornas Pengendalian Inflasi dipimpin oleh Pj Sekda Bangka Selatan, Haris Setiawan dan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu, Haris mengatakan Rakornas pengendalian inflasi, Presiden Jokowi memberikan arahan dan menekankan kepada seluruh instansi pusat dan pemerintah daerah se-Indonesia agar seluruh pemerintah daerah melakukan upaya pengendalian inflasi dimasing-masing daerah.

“Bapak Presiden juga menekankan agar seluruh pemerintah daerah agar melakukan upaya pengendalian inflasi di masing-masing daerah. Kita sendiri di Bangka Selatan melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sejauh ini terus melakukan pemantauan pergerakan kenaikan harga barang,” kata Haris.

Diungkapkan Haris, bahwa persediaan barang-barang kebutuhan menjelang idul adha dipastikan aman. Walaupun ada beberapa peningkatan suplai barang namun tidak signifikan.

“Berdasarkan informasi yang masuk ke kami, suplai stok barang-barang kebutuhan menjelang Iedul Adha juga aman. Memang ada peningkatan suplai penyediaan barang barang penjualan kebutuhan berlebaran, namun jumlahnya tidak begitu naik signikan,” ungkapnya.

Namun demikian, kata dia pihaknya akan tetap memantau volume arus dan pergerakan harga kebutuhan sampai hari lebaran idul adha.

“Kami akan terus memantau pergerakan harga dan volume transaksi sampai hari Lebaran Iedul Adha ini,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Bangka Selatan, Anshori menambahkan pihaknya juga telah melakukan operasi pasar murah guna menekan angka inflasi daerah.

“Kita dari Disperindag juga melakukan operasi pasar beberapa hari lalu dalam upaya menjaga inflasi menjelang hari raya qurban ini dan Alhamdulillah disambut antusias masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya operasi pasar murah kemarin dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan barang jelang lebaran idul adha.

“Kita harapkan meringankan pengeluaran konsumen masyarakat untuk lebaran qurban tahun ini,” pungkasnya. (Pra)