DLH Bangka Minta PT NMS Perbaiki Soal Perizinan, Inilah Alasannya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Ismir Rachmaddinianto

DLH Bangka Minta PT NMS Perbaiki Soal Perizinan, Inilah Alasannya

SUNGAILIAT, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meminta PT Naga Mas Sumatera (NMS) untuk memperbaiki perizinannya.

Kepala DLH Bangka, Ismir Rachmaddinianto mengatakan, hal tersebut dilakukan agar tidak muncul permasalahan di kemudian hari.

Apalagi, terkait dengan perizinan saat ini sudah melalui sistem sehingga data-data yang diperlukan harus benar.

“Kami dari dinas tadi menyampaikan beberapa hal, yang pertama agar mereka membuat road map-nya supaya masyarakat jelas, kemudian untuk memperbaiki lagi perizinannya agar proses ke depannya tidak ada permasalahan,” kata Ismir, usai menghadiri sosialiasi dan konsultasi publik PT NMS, di Hotel Manunggal, Rabu (5/6/2024).

Hal penting lainnya, kata Ismir, pihak perusahaan harus mempertegas lagi kegiatan yang akan dilakukan nanti seperti apa.

Pasalnya, hal itu untuk mengukur apakah kewenangan perizinan berada di level kabupaten, provinsi maupun pusat.

“Makannya dalam sesi tanya jawab ada beberapa item tadi untuk kawan-kawan PT Naga Mas Sumatera agar mereka menindaklanjutinya. Banyak indikator penilaiannya, jadi di amdal-net nanti akan terlihat,” ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan, ia mengatakan akan membuka diri jika pihak perusahaan membutuhkan masukan dari pemerintah daerah.

“Kalau dukungan pemerintah daerah dalam hal ini DLH, jika perusahaan membutuhkan masukan, kami akan open (membuka diri),” katanya. (mah)