Jelang Idul Adha, Pemkot Pangkalpinang Rutin Cek Kesehatan Hewan Kurban, Kerahkan 5 Dokter Hewan dan 10 Petugas Kesehatan

Peternak sapi di Ternak Bandot, Ampui Pangkalpinang

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang rutin mengecek  kesehatan hewan kurban sebagai upaya untuk melancarkan proses pemotongan hewan pada hari H Idul Adha mendatang.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Samri mengatakan pihaknya telah menyiapkan dokter untuk memberikan kesehatan hewan kurban.

“Ada 5 dokter hewan dan 10 petugas kesehatan yang bertugas memeriksa kesehatan hewan kurban jelang pemotongan,” kata Samri, Selasa (4/6/2024).

Selain tim kesehatan dari pihaknya, Samri juga mengaku akan dibantu tenaga kesehatan dari pihak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ia mengaku sekarang pengecekan itu sudah rutin kita lakukan.

“Pengecekan rutin ini juga diantaranya untuk mengindari adanya penyakit menular hewan yang membahayakan bagi hewan ternak lain. Namun sejauh ini belum ada penyakit hewan yang menonjol di Pangkalpinang,” ujarnya.

Namun meski begitu, pihaknya khawatir akan ada potensi penularan penyakit hewan dari luar daerah dan walaupun tidak ditemukan hewan ternak terserang penyakit menular seperti PMK di Kota Pangkalpinang, namun petugas tetap mengantisipasi agar hewan ternak tetap sehat.

“Petugas kesehatan rutin melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak, agar nanti ketika Idul Adha hewan ternak ini memang layak untuk dikurbankan,” tuturnya. (dnd)