Pemprov Babel Serahkan Dana Hibah kepada TNI, Polri dan Sembilan Parpol

 

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) menyerahkan bantuan keuangan atau hibah, kepada penyelenggara dan peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Senin (3/6/2024).

Hal yang sama dilakukan NPHD dengan TNI dan Polri untuk bantuan dana hibah Pilkada serentak tahun 2024. Serta penyerahan Piagam Dana Hibah kepada KPU dan Bawaslu.

Sembilan partai politik (Parpol) yang menerima bantuan dana hibah yang mendapatkan suara Pemilu Tahun 2019 yakni, Partai PDI-P, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Nasdem, Partai Demokrat, PKS, PAN dan Partai Bulan Bintang dengan total bantuan sebesar Rp2.784.217.500 dan nominal yang berbeda-beda untuk masing-masing parpol tersebut.

“Untuk partai politik, walaupun bantuannya kecil tetapi dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam rangka pembinaan yang lebih baik. Demikian pula untuk TNI-Polri agar segera menyusun rencana-rencana yang akan dilakukan,” kata
Pj Gubernur Provinsi Bangka Belitung Safrizal ZA kepada awak media.

Dia mengatakan hibah merupakan wujud nyata dari komitmen Pemerintah dalam mendukung penguatan lembaga dan institusi yang memiliki peran vital dalam pembangunan bangsa dan negara.

“Mudah-mudahan Pilkada di depan kita ini berjalan dengan lancar dan damai, tidak menimbulkan perpecahan,” harapnya.

Kepada partai politik, bantuan ini diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas demokrasi di indonesia.

“Sebagai pilar demokrasi, partai politik memiliki peran penting dalam mencetak kader-kader bangsa yang berintegritas, berkualitas, dan mampu menghadirkan kebijakan-kebijakan yang pro-rakyat,” jelasnya.

Selain itu, Safrizal juga berharap dukungan penuh dari TNI dan Polri, dalam melakukan pengamanan untuk menciptakan Pilkada yang aman dan damai.

“Bantuan ini adalah bentuk apresiasi dan dukungan kami karena kita menyadari betapa pentingnya, meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam rangka pelaksanaan pilkada serentak 2024,” tutupnya.(chu)