Tim Gabungan di Babar Lakukan Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran Kapal

Simulasi penyelamatan dari peristiwa kebakaran kapal KMP Mutis di Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok, Bangka Barat.

 

 

MENTOK, LASPELA — Tim gabungan melakukan simulasi tanggap darurat kecelekaan laut di Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (30/5/2024). Kegiatan tersebut untuk persiapan menghadapi cuaca ekstrem dan memastikan kesiapan siagakan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan diatas kapal.

Simulasi tanggap darurat kecelakaan laut digelar di sebuah kapal penyeberangan KMP Mutis yang terbakar di Perairan Tanjung Kalian, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Operasi penyelamatan dan pemadaman dilakukan oleh petugas gabungan dari Basarnas, Kepolisian, BPBD, dan Balai Kekarantian Kesehatan serta instansi lainnya untuk mengevakuasi para penumpang kapal.

Manager Usaha PT. ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok, Sahrul mengatakan simulasi tersebut rutin dilakukan setiap tahun untuk memastikan semua pihak siap saat terjadi kecelakaan kapal.

“Hari ini latihan kebakaran di atas kapal dan adanya korban luka-luka. Jadi sasaran kita ada 2, yang pertama misi pemadam kebakaran, kemudian misi penyelamatan korban diatas kapal,” ucapnya.

Sahrul mengatakan, kedepan tidak menutup kemungkinan akan digelar simulasi terjadinya perompakan dan hal-hal yang membahayakan kru serta penumpang kapal.

“Ini rutin (dilakukan) untuk memastikan, yang ada di atas kapal dan di darat siap. Setiap tahun, menurut kondisi dan situasi masing-masing daerah, mungkin tahun depan orientasi beda, tergantung dinamika,” ujarnya. (oka)