281 Jemaah Haji Pangkalpinang Sudah Berada di Mekkah, Seluruhnya dalam Keadaan Sehat

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang, Firmantasi

PANGKALPINANG, LASPELA – Sebanyak 281 jemaah haji Kota Pangkalpinang sudah berada di Mekkah dan sedang menjalankan rangkaian ibadah haji yaitu Umrah perdana atau umrah wajib dalam haji tamattu.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang, Firmantasi menuturkan jemaah haji yang saat ini berada di Mekkah tergabung pada kloter empat dan lima.

“Mereka sedang menjalankan umrah perdana, yang selanjutnya akan dilanjutkan dengan rangkaian ibadah haji lainnya,” ujarnya, Rabu (29/5/2024).

Menurut pantauan Kemenag Kota Pangkalpinang pun jemaah haji Kota Pangkalpinang diketahui dalam keadaan sehat.

“Alhamdulillah kami dapat kabar semua jemaah saat ini dalam keadaan sehat, termasuk jemaah yang Lanjut Usia (Lansia),” katanya.

Pihaknya pun telah menyiapkan fasilitas kesehatan agar nantinya jemaah dapat melakukan konsultasi dan kontrol kesehatan, bahkan petugas sendiri pun diberikan pembekalan terkait menjaga kesehatan.

“Kita tetap memberikan penyuluhan kesehatan bagi mereka, karena cuaca disana yang sangat panas dan berbeda dari iklim Indonesia sehingga mereka bisa melakukan tahap-tahap dalam menjaga kesehatannya dan melakukan sosialisasi kepada jemaah kita,” katanya.

Sementara itu ada tiga kategori pendampingan yang diberikan oleh Kemenag Kota Pangkalpinang, diantaranya pendampingan orang, alat dan kesehatan. (dnd)