Diinisiasi Laspela Creative, Seribu Pelajar Bersihkan Sampah di Pantai Kuala Air Anyir

Aksi para pelajar dalam gerakan bersih pantai di Pantai Kuala, Air Anyir tepatnya di bawah Jembatan Emas, Rabu (29/5/2024)

MERAWANG, LASPELA — Laspela Creative menginisiasi seribu aksi pelajar gerakan bersih pantai di Pantai Kuala, Air Anyir tepatnya di bawah Jembatan Emas, Rabu (29/5/2024).

Gerakan kedua yang dilaksanakan ini diharapkan mampu menanamkan kesadaran kepada pelajar untuk menjaga lingkungan, dan membuang sampah pada tempatnya.

General Manager Media Satya Laskar Pelangi (Laspela), Bardian Zakaria mengatakan gerakan bersih sampah ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan juga memperingati hari kebangkitan nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei.

“Bersih sampah ini merupakan kegiatan rutin yang kita laksanakan melibatkan pelajar dan pemerintah daerah, beberapa tahun lalu sukses digelar di Pantai Temberan, kali ini kita laksanakan di Pantai Koala, mengingat volume sampah di lokasi ini cukup banyak,” katanya.

Dalam aksi ini, Laspela Creative juga melibatkan stakeholder terkait, mulai dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Pemprov Babel, Pertamina, PLN Unit Induk Wilayah Babel, PT Timah , PT Tantra, Bank Sumsel Babel, Karang Taruna Kuala, dan PT Jasa Raharja yang membantu memberikan tong sampah tujuh titik di Pantai Kuala.

“Kami berterimakasih kepada stakeholder dan sponsor yang telah membantu mensukseskan kegiatan bersih sampah ini, semoga kolaborasi ini bisa terus berjalan dalam upaya kita menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Aksi seribu pelajar ini melibatkan 17 sekolah menengah atas, empat kampus yang terlibat dan komunitas pencinta lingkungan.

Peserta dibagi dalam 26 kelompok untuk membersihkan 26 titik lokasi di sepanjang Pantai Kuala.

Selain bersih sampah, kegiatan ini juga diisi dengan edukasi tentang sampah dari DLH Pemprov Babel, edukasi keselamatan berlalulintas dari Jasa Raharja, serta materi dari PT Pertamina Petra Niaga Sales Area Bangka Belitung dan PT PLN UIW Babel.(*)