SMP Muhammadiyah Koba Gelar Khatam Al-Qur’an

KOBA, LASPELA – Menjelang kelulusan kelas IX, SMP Muhammadiyah Koba, Kabupaten Bangka Tengah menggelar Khatam Al-Qur’an bersama, Selasa (28/5/2024).

Khatam tersebut merupakan agenda tahunan, mengingat Al-Qur’an menjadi pelajaran yang paling banyak dan sering diberikan kepada siswa-siswi SMP Muhammadiyah Koba.

Kepala SMP Muhammadiyah Koba, Tita Septia Rahmawati, mengatakan kegiatan ini salah satu bagian dari penamatan khusus kelas IX, sekaligus mengapresiasi kepada seluruh pengajar dan peserta didik yang berjumlah 34 orang.

“Kami punya tekad ingin membuat kegiatan tadarus Alquran untuk terus dilaksanakan, sehingga pada saat mereka khataman bukan hanya sekedar hafal saja tanpa melihat bacaan Alquran, dan itu jadi suatu kebiasaan kedepannya,” kata Tita.

Ia mengatakan pihak sekolah juga melakukan tes kepada anak-anak ketika ingin masuk ke SMP, untuk melihat sudah sampai mana batas kemampuan mereka. Karena masih awal masuk juga diantara mereka masih ada yang belepotan mengajinya karena belum terbiasakan.

“Maka dari itu kami bertekad bahwa anak-anak harus khatam dengan benar-benar membaca Alquran,” sebutnya.

“Sebenarnya anak-anak ini sudah dua kali khatam, bayangkan mereka di sini sudah tiga tahun kali bisa dua kali khatam. Alhamdulillah, bisa satu kali juga sudah luar biasa bisa sampe khatam,” sambungnya.

“Harapan kami anak-anak ini tidak hanya selesai di sini saja, tetapi harus tetap dididik di rumah agar anak-anak tetap rajin membaca Alquran, minimal satu hari satu ‘ain atau kalau bisa juga 5 ayat cukup,” katanya.

Ia memohon kepada orang tua/wali murid untuk membimbing anak-anak setelah lepas dari SMP Muhammadiyah Koba.

“Kami selaku tenaga pendidik SMP Muhammadiyah Koba meminta maaf jika masih banyak kekurangan selama di sini, semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita semua,” pungkas Tita.(jon)