Capaian Kepemilikan KTP-Elektronik di Kota Pangkalpinang Hampir 100 Persen

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang mencatat capaian kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) mendekati 100 persen, sebanyak 166.487 penduduk telah mengantongi KTP.

Kepala Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin mengatakan jumlah tersebut sudah tercapai 99,23 persen dari target dan masih ada waktu hingga akhir tahun nanti, pihaknya optimis akan mencapai 100 persen.

“Kita tetap optimis akhir tahun tercapai target tersebut, bahkan hingga melebihi  100 persen. Ini membuktikan jika masyarakat kita peduli dengan dokumen administrasinya,” tuturnya.

Dengan tercapainya target ini tak terlepas dari upaya pihaknya yang melakukan jemput bola ke masyarakat, salah satunya ke sekolah-sekolah atau masyarakat disabilitas, panti asuhan, lapas dan ODGJ.

“Kita turun langsung ke masyarakat, membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan, seperti ada warga yang sakit dan mau membuat BPJS tapi tidak ada KTP, nah dengan ini kita bantu agar warga tersebut mengantongi KTP,” katanya.

Untuk pencetakan KTP bagi warga luar Pangkalpinang dan perekaman sendiri bisa di Disdukcapil Kota Pangkalpinang. “Perekaman dan pencetakan bisa dilakukan di sini,” ujarnya. (dnd)