Peringati Harkitnas, Teknologi Jadi Tantangan Generasi Bangsa

PANGKALPINANG, LASPELA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Miego menjadi inspektur upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Senin (20/5/2024).

Dalam sambutanMenteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang dibacakan oleh Sekda Kota Pangkalpinang menegaskan tantangan generasi kedepan bukan soal berjuang dengan penjajahan melainkan kecanggihan teknologi yang menjadi tantangan dan juga kemajuan.

“Hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” ujarnya.

Menkominfo menegaskan, generasi saat ini berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa.

“Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru,” tuturnya.

Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner.

“Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong “Indonesia Emas”,” katanya.

“Dalam dua dekade terakhir, perubahannya demikian pesat. Teknologi digital, misalnya, telah melesat jauh melampaui bayangan banyak orang. Setidaknya, tak terbayangkan dalam tiga dekade yang lalu, bahwa hari ini akan seperti ini. Teknologi digital telah menebas banyak keterbatasan manusia,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Miego juga mengajak kepada seluruh ASN dengan Harkitnas ini menjadikan semangat untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dan menjadi semangat berkinerja.

“Menciptakan masyarakat yang adil dan makmur  karena salah satu tugas kami ASN dan honorer adalah memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat Kota Pangkalpinang, kinerja menjadi salah satu faktor penting untuk menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Upacara ditutup dengan pemberian hadiah kepada juara-juara MTQ Kota Pangkalpinang. (dnd)