Kesbangpol Pangkalpinang Mulai Latih Anggota Paskibraka

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pangkalpinang mulai membekali calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) untuk mempersiapkan diri dalam upacara 17 Agustus 2024 mendatang.

Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Ketahanan Ekonomi Sosial dan Kerukunan Umat Beragama Kesbangpol Kota Pangkalpinang, Marini mengatakan pelatihan mulai dilaksanakan pada hari libur, Sabtu dan Minggu.

“Untuk pelatihannya kami maksimalkan pada hari libur, meminimalisir waktu agar tidak menggangu belajar mereka, untuk latihannya sendiri sudah mulai sejak selesai lebaran Idulfitri kemarin,” katanya, Senin (6/5/2024).

Pelatih paskibraka ini adalah Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Pangkalpinang dan mendekati 17 Agustus calon Paskibraka akan dilatih langsung oleh TNI dan Polri.

Untuk formasi dikatakan Marini pihaknya masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Bangka Belitung (Babel). Untuk itu, Pemkot masih memakai pasukan yang ada.

“Belum ada juknis dari BPIP apakah akan memasukan pasukan pengawal dari TNI atau Polri atau tidak, nah kalau belum ada petunjuk penggunaan itu maka kami akan tetap menggunakan pasukan 8 dan 17,” sehutnya.

Sementara itu, pihaknya selalu memantau kesehatan calon anggota Paskibraka  terlebih pada cuaca ekstrem saat ini, Marini mengatakan jika jadwal latihan mereka sudah disahkan tetapi tergantung dari kondisi cuaca.

“Lihat dulu kondisi cuacanya, tapi pada dasarnya kami tidak membatalkan pelatihan itu, calon paskibraka bisa meminta izin jika tidak bisa mengikuti pelatihan, karena ketika hari H dan ternyata hujan pengibaran bendera harus tetap dilakukan,” tutupnya.  (dnd)