Ngabuburit, Halaman Masjid Kubah Timah Jadi Tempat Favorit Masyarakat

PANGKALPINANG, LASPELA – Halaman Masjid Agung Kubah Timah jadi tempat favorit masyarakat untuk sekedar bersantai hingga berswafoto. Terlebih pada bulan Ramadan, Masjid Agung Kubah Timah menjadi salah satu tempat wisata religi hingga menjadi tempat menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa.

Adam salah satu warga Pangkalpinang, terlihat sedang berfoto di depan ikon Kota Pangkalpinang, ia mengaku dirinya baru kali ini mengunjungi Masjid Agung Kubah Timah.

“Baru pertama kali, karena saya kuliah di Jogja, kebetulan pulang, saya penasaran dengan Masjid Agung Kubah Timah dilihat di sosmed sangat megah dan mewah, jadi meminta teman untuk temani sambil berfoto-foto,” katanya, Jumat (14/3/2024).

Ia merasa takjub ketika melihat masjid ini, bentuknya yang unik dengan design yang juga menarik perhatian, sudah sepantasnya Pangkalpinang mempunyai masjid ini.

“Terlebih melambangkan kebersamaan, karena disamping ada Gereja juga, sehingga adem melihatnya,” ujarnya.

Namun ia tetap memberikan masukan kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang, untuk menambah penghijau di Masjid ini, ia menilai pohon-pohon di area Masjid kurang banyak sehingga kalau agak tidak nyaman kalau cuaca panas.

“Pastinya kan silau, alangkah baiknya lebih banyak tanaman-tanaman hijaunya, sehingga lebih asri,” tuturnya.

Sementara itu, Komariah salah satu masyarakat yang kebetulan sedang duduk santai merasa Masjid Agung Kubah Timah memang menjadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan kota.

“Selesai sholat Ashar tadi, nyantai dulu di sini sama anak dan cucu. Saya merasa asyik ya bisa bersantai di sini, sambil menunggu waktu berbuka puasa, lingkungannya juga bersih,” katanya.

Ia berharap kedepan Masjid Agung Kubah Timah tetap bagus, tetap terjaga fasilitas dan semakin baik kedepan. “Karena saya melihat masjid ini memang menarik, letaknya juga di tengah kota, kalau duduk santai apalagi cuaca yang sejuk seperti sekarang, memang jadi tempat yang bagus untuk santai-santai sore hari,” pungkasnya. (dnd)