Pastikan Perayaan Malam Natal Aman, Polres Basel Lakukan Sterilisasi Tempat Ibadah

TOBOALI, LASPELA – Polres Kabupaten Bangka Selatan mulai melakukan sterilisasi ke sejumlah gereja yang ada di wilayah Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Minggu (24/12/2023).

Nampak dalam giat sterilisasi tersebut, anggota kepolisian dengan pakaian seragam lengkap dan hand metal detektor melakukan pengecekan pada setiap benda, atau sudut ruangan maupun luar gereja yang dinilai rawan ancaman.

Sterilisasi yang dilakukan di tempat ibadah umat kristen di daerah tersebut guna memastikan perayaan malam natal tahun 2023 berlangsung aman dan lancar.

“Sudah ada tiga gereja kami lakukan sterilisasi, tetapi tidak menutup kemungkinan gereja-gereja di wilayah Toboali atau kecamatan lainnya yang belum disterilisasi juga akan kami lakukan sterilisasi,” Kata Kasat Samapta Polres Basel, Iptu Perdana.

Adapun gereja-gereja yang sudah dilakukan sterilisasi diantaranya, Gereja HKBP Toboali kemudian GPDI Hosana Toboali di jalan Teladan dan Gereja Katolik di Jalan Jenderal Sudirman Kecematan Toboali.

“Kami ingin memastikan agar gedung gereja dalam keadaan steril, bersih dan aman dari benda atau barang-barang berbahaya yang bisa menggangu pelaksanaan kegiatan ibadah,” sebutnya.

Ia mengatakan, hasil sterilisasi yang dilakukan oleh jajaran Samapta Polres Basel tidak ditemukan benda atau barang-barang yang mencurigakan dan berbahaya di gereja.

“Dari giat tersebut, tidak ada barang-barang berbahaya yang ditemukan. Semuanya aman,” ujarnya.

Selain itu guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama perayaan malam natal. Polres Basel akan meningkatkan pengamanan dengan menerjunkan sebanyak 80 personel Polres Basel.

“Dari puluhan personel ini, nantinya akan dibagi menjadi 4 sampai 5 orang yang akan berjaga-jaga di setiap gereja. Dengan sistem pengamanan di lokasi dan pengamanan patroli dari pagi, sore hingga malam hari. Agar tempat ibadah selalu dalam keadaan steril dari benda-benda berbahaya,” pungkasnya. (pra)