Babel Raih Penghargaan Destinasi Pariwisata Ramah Muslim

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) mendapatkan Penghargaan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) Award 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diserahkan Menparekraf beberapa waktu lalu.

Penghargaan ini, menandai wisatawan yang datang ke Negeri Serumpun Sebagai merasa nyaman, untuk berwisata, beribadah dan mengkonsumsi makanan yang halal.

“Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian ini, dalam rangka pengembangan pariwisata ramah muslim yang berkelanjutan di Babel,” katakm Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudkepora) Bangka Belitung, Wydia Kemala Sari, Rabu (25/10/2023).

Widya mengatakan, Provinsi Babel menjadi salah satu nominasi dari 15 provinsi se-Indonesia pariwisata ramah muslim.

“Kita menerima penghargaan ini karena destinasi wisata yang bisa menyediakan rute atau tempat-tempat yang membuat wisatawan muslim merasa aman dan nyaman, seperti saat beribadah atau makan, selama berlibur,” ulasnya.

Saat ini, kata dia, pasar halal tourism dan muslim-friendly di Indonesia telah memasuki fase pasar global, sehingga dengan usaha meningkatkan layanan tambahan (extended services) diharapkan dapat menarik wisatawan muslim baik lokal maupun internasional ke Bangka Belitung.

“Kita berharap Babel menjadi salah satu pilihan dan tujuan para wisatawan untuk destinasinya, selain indah, juga ramah muslim,” ucapnya.

Menurutnya, IMTI adalah benchmarking yang langsung mengadopsi kriteria yang diterapkan Mastercard CresentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) dalam pengembangan pariwisata ramah muslim untuk destinasi wisata di Indonesia.

“Melalui IMTI, stakeholder di destinasi wisata diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan daya tariknya untuk menggarap pasar pariwisata ramah muslim yang sudah menjadi pasar utama wisatawan baik mancanegara maupun nusantara,” tutupnya.(chu)