Cegah Kebakaran BPBD Ingatkan Masyarakat Jangan Bakar Sampah Sembarangan

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang mengimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah  dan membuang puntung rokok sembarangan, mengingat kondisi cuaca yang memasuki musim kemarau ditambah angin kencang.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Kota Pangkalpinang, Renal Winata menyebutkan, dalam beberapa waktu terakhir pihaknya menerima banyak kejadian kebakaran, terkahir terjadi di wilayah Pasir Padi, kebakaran lahan mencapai 5 hektar.

“Kejadiannya waktu minggu kemarin, bekerja sama dengan pihak Damkar Pangkalpinang dan Pemprov, kita lakukan pemadaman di area Pasir Padi kurang lebih 5 hektar lahan yang kita padamkan. Wilayah rawan bencana kebakaran ini ialah sekitar bukit intan,” katanya, Kamis (7/9/2023).

“Cirinya jika satu kebakaran terjadi karena dari titik api di pinggir, itu berarti dari puntung rokok, tetapi jika di tengah itu berarti dari pembukaan lahan,” tambahnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk jangan membakar sampah sembarangan saat ini pihaknya telah memasang spandung larangan membakar sampah sembarangan.

“Karena cuaca yang saat ini ekstrem dan angin sangat kencang, maka bagi masyarakat jangan membakar sampah sembarangan, karena akan ada sanksi bagi masyarakat yang membakar sampah dan mengakibatkan kebakaran,” ujarnya.

Hingga saat ini ada 16 kebakaran yang ditemukan dan pihaknya akan terus update terkait dengan kasus kebakaran yang terjadi. (dnd)