753 Peserta KKN MaS se-Indonesia Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat Serumpun Sebalai

PANGKALANBARU, LASPELA – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia di (MaS) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) resmi dibuka, Senin (31/07/2023). Sebanyak 753 mahasiswa yang berasal dari 43 perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia melaksanakan KKN di Bumi Serumpun Sebalai yang berlangsung selama 40 hari pada 1 Agustus hingga 11 September 2023 di wilayah Pulau Bangka dan 4 Agustus hingga 14 September di Pulau Belitung.

Peserta KKN akan disebar di 5 kabupaten di Babel, di antaranya Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, Belitung, dan Belitung Timur. Jumlah peserta tiap daerah, yaitu Bangka Selatan 197 mahasiswa, Bangka barat 202 mahasiswa, Bangka Tengah 200 mahasiswa, Belitung 81 mahasiswa, dan Belitung Timur 71 mahasiswa.

“Alhamdulillah seluruh perwakilan perguruan tinggi hadir, ada rektor, ada wakil rektor. Alhamdulillah kita dimeriahkan atraksi barongsai, mahasiswa kita mendapatkan penghargaan di Singapura dan seniman kita kumpulkan,” Rektor Unmuh Babel, Ir. Fadilah sabri S.T., M.Eng, IPM.

Kegiatan KKN MaS ini  mengusung tema ‘Penguatan Eduecotourism Berbasis Teknologi untuk Mendukung Konservasi Lingkungan di Bumi Serumpun Sebalai’. Melalui KKN ini, Unmuh Babel dan Panitia Pusat KKN MaS berkomitmen dalam menjalankan catur darma perguruan tinggi.

“Saya minta dukungan seluruh masyarakat babel, mari kita tunjukkan tuan rumah yang baik dan kita tunjukkan dari Babel untuk Indonesia,” pungkas Fadillah. (yak)