Bersama BRIN, BPJ Dorong Peningkatan Kemampuan Digital Marketing Pelaku UMKM

PANGKALPINANG, LASPELA — Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendorong peningkatan kemampuan yang dimiliki pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM)
di bidang digital marketing untuk mampu bersaing dan naik kelas.

Bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), politisi Golkar itu memberikan pelatihan digital marketing yang mengusung tema peningkatan kapasitas pengguna riset dan inovasi untuk masyarakat.

Pelatihan ini diharapkan memberikan edukasi dalam meningkatkan kapasitas pengguna riset dan inovasi dalam meningkatkan SDM yang menjadi program DPR RI.

Bambang Patijaya menyampaikan konsentrasi terhadap riset dan inovasi yang tentu betul-betul diimplementasikan di masyarakat, ia menegaskan pemerintah juga harus hadir dalam menyelesaikan beberapa permasalahan yang terjadi.

“Salah satunya peningkatan digitalisasi di dunia UMKM, kita tahu para penggerak UMKM ini diisi oleh banyak kalangan, dari anak muda hingga orang tua, disini selaras dengan program kita, kita sebisa mungkin untuk betul betul meningkatkan soft skill digitalisasi dan peningkatan skil marketing,” ujarnya.

Bambang Patijaya berfoto bersama narasumber dan peserta pelatihan

Dengan demikian, sambung pria yang kerap disapa BPJ itu, pelaku usaha bisa memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produknya, tak terbatas waktu dan tempat.

“Pasar yang biasanya offline, sekarang bisa dijalankan secara lugas dengan online dan ini menjadi peluang besar di era puncak 4.0 ini,” tambahnya.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 214 peserta yang akan mendapatkan semacam soft skill dalam riset dan inovasi dan diimplementasikan kepada masyarakat.

Tak hanya itu, para peserta pelatihan ini akan terus diawasi dalam peningkatan soft skill, agar tata kelola UMKM ini lebih teratur dan lebih luas dalam cakupan kalangan.(yak)