Iduladha 1444 Hijriah, Vista Sebut Penjualan Sapi Meningkat

BANGKA BARAT, LASPELA – Menjelang Iduladha 1444 Hijriah tahun 2023 penjual sapi di Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Mentok, Kabupaetn Bangka Barat (Babar), Vista mengaku penjualan sapi mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022 lalu. Memasuki H-3, dikatakan Vista, pihaknya sudah menjual 49 ekor sapi dan hewan ternak tersebut rata-rata dipasok dari Lampung, Sumsel dan sudah memiliki sertifikat Veteriner.

“Kalau dibilang penjualan sapi tahun ini meningkat, bisa dikatakan meningkat. Saat ini sudah 49 ekor sapi yang sudah terjual, sedangkan tahun lalu cuma 30 ekor,” ungkapnya, Senin (26/6/2023).

Untuk harga sapi sendiri bervariasi, seperti jenis Limosin dijual dengan harga berkisar di angka Rp46-56 juta, Brahma di angka Rp40-50 juta, PO Rp25-27 juta dan Sapi Bali di angka Rp21-24,5 juta.

“Kami pastikan bahwa aman dikonsumsi, karena sudah dicek kesehatannya dan sudah ada sertifikatnya dari dokter hewan sudah lengkap semua,” katanya.

Terpisah, penjual hewan kurban lain, Jeckson mengaku bahwa belum ada satu pun sapi miliknya yang terjual, hanya ada beberapa kambing yang sudah laku, berbeda dengan tahun 2022 lalu.

“Jumlah kambing 50 lebih, sudah laku 20 ekor, kalau sapi belum ada yang minat. Pembeli lebih banyak tahun lalu, sebab waktu itu PPKM, sebab dibatasi, jadi minat orang berkurban tinggi, sedangkan stok sedikit,” ungkapnya. (oka)