H-7 Iduladha 1444, Pedagang Ayam dan Sapi Pasar Mentok Keluhkan Sepi Pembeli

BANGKA BARAT, LASPELA – Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah memasuki H-7, sejumlah pedagang daging sapi dan ayam di Pasar Tradisional Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) mengeluhkan sepi pembeli. Dengan kondisi tersebut, kemungkinan tidak ada kenaikan harga.

Salah satu penjual daging sapi segar di Pasar Mentok, Anwar (35) mengatakan, saat ini harga diangka Rp140.000 pernkilogram dan stabil semenjak usai Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah atau semenjak 2 bulan terakhir.

“Dari semenjak Hari Raya Idulfitri, harga segini saja sepi, ini pun kadang habis kadang tidak. Karena ekonomi agak turun, kalau tahun kemarin lumayan, sekarang satu ekor saja kadang habis kadang tidak, ini sapi dari Lampung,” ungkapnya.

Terpisah, pedagang ayam potong bersih juga mengeluhkan sepi pembeli. Saat ini harga ayam per kilogram sebesar Rp40.000 dan hanya dapat menjual 200 kilogram per hari. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding sebelumnya yang mencapai 300 kilogram per hari.

“Harga Rp40 ribu per kilogram ayam bersih, normal harga segini sudah semenjak dua Minggu yang lalu. Sepi pembeli, 200 kilo per hari, sebelumnya lebih dari itu,” ucapnya. (oka)