291 Peserta Berkompetisi di MTQH XII Bangka Tengah

BANGKA TENGAH, LASPELA– Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) Ke-XII Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Bangka Tengah yang digelar di halaman kantor Bupati Bangka Tengah. Sebanyak 291 peserta dari seluruh kecamatan se-Bangka Tengah berkompetisi dalam perhelatan tersebut.

Ribuan masyarakat dan tamu undangan dari berbagai kalangan turut memeriahkan pembukaan MTQH yang diisi berbagai penampilan, di antaranya penampilan marching band, pawai kafilah seluruh kecamatan, pembacaan Kalam Ilahi, penyerahan piala bergilir, pengukuhan dewan hakim, dan lain sebagainya. Kegiatan MTQH ini sebagai ajang untuk meningkatkan minat dan pengetahuan generasi muda serta masyarakat dalam membaca Al-Quran guna membangun mental spiritual.

“Harapannya kita bisa mencetak qori-qoriah, hafizh-hafizhah, mufassir-mufassiroh dan khototh yang membanggakan di Bangka Tengah lewat penyelenggaraan MTQH. Berkompetisi lah secara sportif dan junjung tinggi nilai-nilai kejujuran,” kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Kamis (22/6/2023).

Hal yang penting dalam pelaksanaan MTQH, menurut Algafry, adalah meningkatkan rasa cinta terhadap Al-Quran serta kemauan untuk saling mengajak untuk berbuat kebajikan.

“Maka mari kita bersama-sana mensukseskan kegiatan MTQH dan festival Islam ini,” kata Algafry.

Sementara itu, Ketua Pelaksana MTQH Kabupaten Bangka Tengah 2023, Dori Oktora mengatakan bahwa bersamaan dengan gelaran MTQH, diselenggarakan juga Festival Islam Bangka Tengah tahun 2023 dan pelaksanaan kedua kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung selama lima hari mulai dari 21-26 Juni 2023. (jon)