Distangan Babar Prediksi Kebutuhan Hewan Kurban Capai 2.190 Ekor

BANGKA BARAT, LASPELA – Hari raya Iduladha 1444 Hijriah menjadi momentum umat muslim melakukan pemotongan hewan ternak untuk berkurban. Guna mengantisipasi kekurangan hewan kurban, Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Kabupaten Bangka Barat (Babar) terus melakukan pemantauan.

Kabid Peternakan Distangan Babar, Agung Ari Wibowo mengungkapkan, kebutuhan hewan kurban diperkirakan sebanyak 2.190 ekor yang terdiri dari Sapi dan Kambing.

“Kalau estimasi kita kebutuhan hewan kurban untuk Sapi sebanyak 675 ekor kemudian kambing 1.515 ekor untuk di Bangka Barat,” ungkap Ari Wibowo, Selasa (13/6/2023).

Dilanjutkan Ari, hingga tanggal 7 Juni 2023 dari data yang pihaknya miliki untuk Sapi sudah 533 ekor, kemudian untuk kambing baru 615 ekor.

“Kalau jumlah berdasarkan pada data kita per 7 Juni kemarin, untuk sapi 80 persen itu sudah tercover dan kambing masih kurang 900 ekor, jadi masih lumayan banyak kurangnya,” katanya.

Untuk hewan kurban itu, Ari mengatakan, kebanyakan masih dipasok dari luar Pulau Bangka di antaranya, Lampung, Sumsel, Madura dan Nusa Tenggara Timur, lantaran dari peternak lokal hanya mampu memproduksi 3 sampai 5 persen kebutuhan masyarakat. (oka)