Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Tanjung Kalian 

MUNTOK, LASPELA– Ribuan pemudik yang didominasi pejalan kaki memadati areal Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar). Pantauan dilapangan hingga Rabu (19/4/2013) siang terlihat ribuan orang berdesak-desak untuk naik ke kapal roro.

Kemudian terdapat puluhan kendaraan pribadi serta truk di areal parkir dalam kawasan pelabuhan, kemudian ratusan kendaraan juga terparkir di Buffer Zone. Hari ini memang puncak dari arus mudik Idulfitri 1444 Hijriah.

“Hari ini puncaknya sehingga ada peningkatan untuk penumpang berjalan kaki 5.000 orang, sementara kendaraan bermotor dan mobil masih normal dan kendaraan logistik cendrung sepi,” ungkap GM PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian, Christopher Samosir.

Satu dari calon penumpang, Reni (28) mengaku sudah sejak pukul 09.00 WIB berada di area pelabuhan Tanjung Kalian, yang ingin mudik ke Lampung.

“Sudah dari pagi, bareng suami itu lagi antri motor, kita nunggu disini nggak sanggup disana panas. Pulang ke Lampung,” ucapnya.

Kemudian pemudik lainnya, Yanda (29) warga asli Palembang mengatakan, baru berkesempatan mudik lebaran Idulfitri karena sudah masuk hari cuti bersama.

“Sengaja berangkat hari ini karena sudah masuk hari cuti, kalau mendekati lebaran misalnya besok kayaknya sudah lebih padat penumpang, ini pun terlihat padat,” ungkapnya. (Oka)