Arus Mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian Mulai Lengang

Situasi arus mudik di areal parkir dalam kawasan Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Rabu (19/4/2023) malam. (Foto: Oma Kisma)

MUNTOK, LASPELA– Aktivitas arus mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) mulai lengang. Pantauan awak media sekira pukul 21.00 WIB, Rabu (19/4/2023) terlihat areal parkir di dalam hanya terisi puluhan mobil pribadi dan truk.

Sementara di areal Buffer Zone terlihat hanya tersisa belasan kendaraan pribadi, kemudian untuk jalur penumpang jalan kaki terpantau sepi, lantaran langsung naik kapal. Berbeda dengan kondisi siang tadi yang terpantau penuh sesak.

Rizki (38) mengaku sengaja berangkat dari Belinyu, Kabupaten Bangka padaa sore hari untuk mengejar kapal malam, guna menghindari cuaca panas dan kemacetan, seperti tahun 2022 lalu.

“Ada saudara di Mentok (dapat info), siang tadi ramai kan jadi sore berangkatnya, niatnya ngincar kapal pagi, tapi ini sepertinya berangkat malam, karena udah dapat tiket. Tujuan Plaju (Palembang),” ungkapnya, Rabu (19/4/2023) malam.

Sementara, General Manager (GM) PT. ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Christopher Samosir mengungkapkan situasi memang sudah lengang dan hingga pukul 20.00 WIB pihaknya sudah memberangkatkan sebanyak 8 trip.

Christopher mengatakan, situasi ini dikarenakan pemudik sudah banyak berangkat pada Jumat hingga hari Minggu lalu, sehingga tidak terlalu menumpuk di H-3 yang diprediksi sebagai puncak arus mudik.

“Jadi kita jumat sabtu minggu itu padat, lebih tinggi dari prediksi. Jadi (pemudik) sudah mulai duluan berangkatnya, dari prediksi kita itu penumpang 2.000 tapi ini hari Minggu itu di atas 3.000,” ungkapnya.

Selanjutnya, dibantu kapal cepat yang melakukan dua kali pelayaran setiap harinya, sehingga otomatis penumpang cepat diberangkatkan ke tujuan masing-masing.

“Saat ini kapal cepat sudah 2 kapal, dari kapal cepat itu sudah 500- an penumpang. Sampai saat ini tidak ada kendala, semua berjalan normal sesuai SOP, kapal dan cuaca baik bisa dilalui. Masih dalam batas terkendali lah,” ungkapnya. (Oka)