Pemkab Basel Masih “Nyaman” Pakai Bank SumselBabel untuk RKUD

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Basel, Agus Pratomo

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) memastikan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) masih akan tetap berada di Bank Sumsel Babel (BSB). Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Basel, Agus Pratomo, Senin (13/3/2023).

“Belum ada, masih tetap di BSB sampai saat ini. Malahan kita akan mengembangkan pembayaran pajak ke bank-bank lain, tujuannya untuk mempermudah masyarakat dalam pembayaran pajak daerah. Kita baru bekerjasama dengan kantor pos untuk pembayaran pajak daerah, tapi kedepannya nanti kalau bisa semua bank kita ajak bekerjasama,”kata kata Agus Pratomo.

Agus pun menegaskan terkait adanya pemindahan RKUD Pemerintah Provinsi Babel ke BRI, Pemkab Basel masih belum mendapatkan arahan ataupun informasi terkait pemindahan rekening.

Namun, menurut dia, setiap daerah memiliki kewenangan dalam penentuan RKUD, tidak semerta-merta mengikuti kebijakan dari pihak Pemprov Babel, terutama dalam pemindahan RKUD dari BSB ke BRI.

“Sampai saat ini belum ada informasi resminya hingga kejelasan dari pihak provinsi, saya baru baca-baca di media atauapun berita dan tetap berkoordinasi dengan kabupaten dan kota terkait pemindahan RKUD. Akan tetapi setiap daerah memiliki kewenangan sendiri,” tegas Agus.

Menurut Agus, Pemkab Basel pun belum mengetahui apakah pemindahan dana oleh Pemprov Babel dari BSB ke BRI sebagai pemegang RKUD ataupun hanya untuk pengoptimalan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Belum ada kejelasan terkait ini, apakah BRI sebagai pemegang RKUD atau dikaitkan dengan pengoptimalan PAD khususnya membantu masyarakat dalam pembayaran pajak bisa dilakukan dimana saja,” pungkasnya. (Pra)