150 Peserta Ikuti Open Turnamen Catur ‘Sahabat Rendra Basri’

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 150 atau 75 pasang peserta se-Kabupaten Bangka mengikuti lomba open turnament catur “Sahabat Rendra Basri”.

Mengusung tema “Kita memasyarakatkan olahraga catur menjadi olahraga yang disenangi dan dicintai masyarakat”, kegiatan tersebut digelar di Hotel ST12 Sungailiat, Sabtu (11/3/2023).

Wakil Ketua II DPRD Bangka Fraksi Golkar, Rendra Basri mengatakan, kegiatan ini digelar guna memasyarakatkan olahraga, khususnya catur agar lebih diminati masyarakat.

“Catur ini belum begitu dicintai masyarakat, diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kembali minat masyarakat akan olahraga catur,” kata Rendra.

Rendra juga mengatakan, kegiatan turnamen ini bukan pertama kali digelar, dimana sebelumnya pertandingan-pertandingan lainnya juga kerap dilakukan.

“Sudah beberapa kali saya menggelar kegiatan, baik itu sepak bola, lomba gaple. Tapi kalau catur ini memang yang pertama kali,” ujarnya.

Olahraga catur, kata dia, mengandung filosofi yang tinggi. Selain warna putih menandakan kebaikan dan hitam kejahatan, permainan catur juga butuh konsep pemikiran yang maju.

“Langkah kita adalah pilihan, karena salah angkat bisa fatal atau kalah. Makannya, bermain catur harus berpikir dulu sebelum melangkah,” katanya.

Ia juga meminta agar seluruh peserta dapat menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding.

“Kalah atau menang itu hal biasa. Kami meminta agar seluruh peserta dapat menjunjung sportifitas bertanding,” pintanya. (mah)