Tingkatkan Kualitas UMKM, Disperindagkop UKM Bateng Miliki 5 Program Unggulan

Kepala Disperindagkop UKM Bateng, Ali Imron

KOBA, LASPELA– Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) memiliki 5 program unggulan yang bertujuan membantu meningkatkan kualitas UMKM di daerah itu.

“Ada 5 program unggulan, yaitu program permodalan, peningkatan, promosi dan pemasaran, kemitraan dan inovasi,” kata Kepala Disperindagkop UKM Bateng, Ali Imron, Selasa (7/3/2023).

Ali mengatakan, program permodalan yang saat ini diberikan adalah program dana bergulir dengan bunga 5%, dengan batas peminjaman sebesar Rp100 juta, dan masa pengembalian maksimal 4 tahun.

Selain itu, menurut Ali, ada juga program kredit usaha rakyat (KUR) dengan batas kredit maksimal Rp500 juta dengan bunga 6%, dan jangka waktu pengembalian maksimal 5 tahun, serta program selawang segantang dengan bunga 0% dengan maksimal peminjaman Rp 25 juta.

“Selain itu juga terdapat pula program CSR dari PT Angkasa Pura, PT Timah dan Telkomsel yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan modal,” katanya.

Ali mengatakan pihaknya juga memiliki program peningkatan, yaitu kegiatan penyuluhan dan pendampingan usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas usaha UMKM masyarakat.

“Kita ada 25 penyuluh yang tersebar di 6 kecamatan yang siap membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan usaha mereka,” katanya.

“Bantuan yang kami berikan seperti fasilitasi perizinan UKM berupa izin edar (PIRT), izin usaha (NIB) dan juga sertifikasi halal, yang mana fasilitasi perizinan UKM ini dapat dibantu oleh para penyuluh lapangan, sehingga memudahkan para pelaku usaha, kemudian bantuan fasilitasi HKI, pelatihan teknis dan manajerial, fasilitasi peningkatan sarana dan prasarana produksi,” katanya.

Ia mengatakan Disperindagkop UKM Bateng juga memberikan pelayanan program promosi dan pemasaran kepada pelaku UKM dengan mengikutsertakan produk UKM di kegiatan pameran produk, bazar dan pelatihan penggunaan e-commerce pada pelaku usaha untuk memperluas area pemasaran produk mereka.

“Kemudian juga ada program kemitraan yang bekerjasama dengan para stakeholder seperti PT Timah, Angkasa Pura, Rumah BUMN, BPN dan stakeholder lainnya, serta program inovasi berupa UMKM corner,” kata Ali.(Jon)