Seleksi PPPK Guru di Babar tanpa CAT

MUNTOK, LASPELA – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Bangka Belitung (Babel) telah mengumumkan pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022.

Kepala BKPSDMD Babar, Antoni Pasaribu, mengatakan pembukaan pendaftaran sejak kemarin (31/10/22) sampai (13/11/22) mendatang.

Adapun kouta yang disiapkan sebanyak 293 untuk mengisi jabatan fungsional guru sebanyak 207 orang, 30 orang tenaga kesehatan dan 56 orang tenaga teknis.

Antoni mengungkapkan seleksi PPPK tenaga fungsional guru akan dilakukan dengan cara observasi artinya tanpa Computer Assisted Test (CAT).

“Untuk seleksi guru dengan cara observasi, artinya tanpa CAT. Kalau observasi itu pertama yang mengikuti PPPK masuk kedalam Dapodik, dan mengajar paling kurang 3 tahun,” ungkap Antoni di Muntok, Selasa (1/11/2022).

Observasi ini adalah dengan cara menilai mereka (PPPK), penilaian itu nanti akan dinilai oleh tim penilaian terdiri dari guru senior di lingkungan sekolah, kepala sekolah, pengawas dan BKPSDMD serta Dinas Pendidikan.

Kemudian, seleksi PPPK tenaga kesehatan melalui jalur afirmasi, pelamar PPPK tenaga kesehatan masuk ke dalam Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK) dan bekerja minimal dua tahun.

“Kalau tenaga kesehatan seleksinya menggunakan jalur afirmasi dan CAT. Sementara seleksi tenaga teknis semuanya dengan CAT,” tandasnya. (Oka)