Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Molen Ajak Pemuda Bersatu Bangun Bangsa

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar upacara peringatan ke-49 Hari Sumpah Pemuda dengan mengusung tema tema “Bersatu Bangun Bangsa”, di Halaman Kantor Wali Kota, Senin (31/10/2022).

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil  menjadi pembina upacara dan membacakan  pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali.

“Ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar, itulah yang harus diketahui Pemuda sekarang,” katanya Molen, sapaan akrab Maulana Aklil.

Ia menyebutkan, perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan , bukan sebagai faktor yang melemahkan tetapi memberikan pembelajaran kepada semua.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Peringatan hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Melalui tema “bersatu bangun bangsa” kata Molen, memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi keluarga untuk melakukan pembangunan peradaban yamg unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. (dnd)