Pekan Literasi SMAN 1 Lepong, Wujudkan Profil Pelajar Pancasila

LEPAR PONGOK, LASPELA – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar Pekan Literasi yang bertajuk Dengan Sumpah Pemuda, Berliterasi Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, Selasa (25/10/2022) kemarin.

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Dindik)Babel melalui Kepala Bidang Pembinaan SMA, Heri Haryono, berlangsung selama dua hari pada 25 – 27 Oktober 2022.

Pekan Literasi tersebut melaksanakan berbagai perlombaan, seperti lomba baca puisi, cipta puisi, berpantun, cipta pantun, mewarnai tingkat taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD), melukis tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan SMA serta pameran pendidikan serta pentas seni.

Kepala Sekolah SMAN 1 Lepong, Jasman, menyebutkan pekan literasi ini diharapkan dapat menumbuhkan minat baca dan tulis peserta didik.

“Melalui kegiatan ini kami harapkan karakter siswa akan lebih matang menjadi siswa yang berprofil Pancasila. Kami menyiapkan stand literasi yang isinya buku-buku karya siswa, guru serta karya saya sendiri,” jelas Jasman.

“Ini adalah bentuk apresiasi kita terhadap karya puisi siswa, ada juga stand bazar yang bertujuan mengajarkan siswa kewirausahaan. Saat ini sudah ada lima buku karya siswa, guru termasuk tulisan saya,” paparnya.

Ia menambahkan berbagai perlombaan diikuti ratusan siswa tingkat TK, SD, SMP dan SMA Kecamatan Lepar Pongok serta Kecamatan Toboali.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Basel, Sumadi, mengapresiasi Pekan Literasi SMAN 1 Lepar Pongok.

Ia berharap melalui kegiatan ini minat baca siswa serta masyarakat sekitar akan terus meningkat.

“Minat baca meningkat, SDM masyarakat juga akan meningkat. Daerah yang lebih berdaya saing, saya mengapresiasi sekali kegiatan ini,” ungkapnya.

Pada Pekan Literasi ini, SMAN 1 Lepong juga menggelar Literasi Kesehatan oleh Puskesmas Lepong serta Kelas Literasi yang diisi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Basel.

Kepala Bidang Pembinaan SMA, Heri Haryono, menambahkan dirinya mengaku bangga dengan kegiatan Pekan Literasi SMAN 1 Lepong. Ia berharap melalui kegiatan ini akan menumbuhkan karakter siswa berprofil Pancasila.

“Kami bangga dengan kegiatan Pekan Literasi SMAN 1 Pongok ini, sebagai bentuk dukungan kami Dindikbud Basel akan membangunkan Pojok Baca di SMA ini. Kami juga mengapresiasi PWI Basel yang ikut mendorong gerakan literasi di tingkat pelajar SMA,” pungkas Heri. (Pra)