Wali Kota Serahkan Bantuan kepada 398 Kader PPKBD dan Sub PPKBD

PANGKALPINANG, LASPELA – Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menyerahkan bantuan kepafa 398 kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD, di ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Senin (19/9/2022).

Kader-kader ini dari seluruh kecamatan di Kota Pangkalpinang, Molen mengatakan sudah sewajarnya Pemerintah Kota memberikan apresiasi kepada para kader PPKBD dan Sub PKKBD.

“Mereka sudah bekerja keras membantu pemerintah untuk mengajak masyarakat ikut KB, mudah-mudahan ini cukup untuk menghibur sebagai uang transport mereka  yang sudah keliling-keliling,” katanya.

Bantuan berjumlah Rp350 ribu per- tiga bulan untuk satu orang ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) Kota Pangkalpinang.

“Jadi Rp300 ribu dari APBD dan Rp50 ribu dari APBN dan tahun depan InshaAllah, mereka akan dapat 12 bulan sebesar Rp100 ribu perbulan,” katanya.

“Sebenarnya bukan nilai uanganya, tapi perhatian dari kitanya, mereka bekerja tanpa gaji dan tanpa apa-apa, ini juga sebenarnya tidak wajar kita hanya memberikan sedikit, namun hanya segini yang bisa kita beri,” tambah Molen.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPA) dan KB), dr. Masagus Hakim menuturkan besarnya peran kader PPKB dan Sub PPKBD dalam pengendalian jumlah penduduk.

“Mereka ini berperan untuk mengajak masyarakat untuk KB, sehingga masyarakat termotivasi untuk KB, peran mereka ini sangat luar biasa, kita sangat peduli dengan Kader ini untuk seluruh kader pada hari ini kita berikan sedikit yang menjadi hak mereka,” ujarnya.

Selain janji wali kota para kader akan mendapatkan Rp100 ribu perbulan, tahun depan para kader juga diajak untuk jambore sebagai bentuk apresiasi agar untuk refreshing para kader. (dnd)