MAF 2022 Tampilkan Beragam Kegiatan

MUNTOK, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) bersama Dewan Kesenian Bangka Barat menggelar Mentok Arts Festival (MAF) 2022 sebagai acara untuk memeriahkan hari jadi kota Muntok ke-288.

Ketua Dewan Kesenian Babar Bambang Haryo Suseno mengatakan beragam kegiatan acara yang disajikan dalam Muntok Arts Festival diantaranya, pamoto budayawan, pasar seni, diskusi sastra, pemutaran film, pertunjukan teater, pementasan tari dan pertunjukan musik.

“Muntok Arts Festival dadakan dari 4 hingga 7 September di dua lokasi, yakni Museum Timah dan Lapangan Gelora Muntok. Ini adalah upaya menggagas menjadikan Muntok kota berkesenian yang kondusif, egaliter, dan nyaman bagi seniman yang ada di Muntok,” ungkapnya, Senin (5/9/22).

Bambang mengatakan untuk meramaikan Muntok Arts Festival pihaknya melibatkan sejumlah penampil dan seniman lokal dan MAF rencananya akan diselenggarakan setiap tahun dengan tajuk berbeda-beda.

“Kami menampilkan 22 penampil, dan melibatkan kurang lebih seratus pelaku seni yang ada di Muntok. Rencananya, Mentok Arts Festival bakal diadakan setiap tahun dengan tajuk yang berbeda-beda. Tahun ini tajuknya pada sedia kala, mungkin tahun depan tajuknya berbeda lagi,” ucapnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin menuturkan dengan adanya kegiatan berkesenian ini diharapkan mampu mendorong industri kreatif kota Muntok.

“Secara profesional ini merupakan bagian industri kreatif yang sekarang banyak didorong oleh pemerintah. Kemudian kita lihat kedepan dengan dukungan teknologi, produk bagus bahkan kita liat (pertunjukan) musik anak-anak itu bisa memeriahkan dunia industri digital,” ungkapnya. (Oka