Peringatan HKG ke-49, Wagub Babel: Wujudkan Pembangunan Nasional Melalui Keluarga Berkualitas

*BKKBN Babel Berikan Pelayanan KB Gratis

PANGKALPINANG, LASPELA – Dalam Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Gubernur Abdul Fatah berharap dapat mewujudkan pembangunan nasional melalui keluarga berkualitas.

“Tentu untuk mewujudkan ini semua Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) melalui Perangkat Daerah terkait, berkolaborasi dan bersinergi dalam mengimplementasikan Program Kerja PKK,” kata Wagub usai menghadiri acara Peringatan HKG PKK ke-49 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Halaman Kantor Gubernur, Kamis (28/10/2021) pagi.

Menurut Wagub, gerakan PKK sebagai organisasi yang dekat dengan masyarakat sehingga banyak menyerap isu-isu aktual yang banyak diserap dari masyarakat. Arah gerak dan sinergi kolaborasi menurutnya akan terajut pada akhirnya akan bermuara pada hakikatnya menjadi ukuran sejahtera.

“Mari bangun komitmen bersama kita bisa membangun negeri, merawat alam, dan bersama kita berikhtiar membangun ekonomi  di Negeri Serumpun Sebalai menuju Babel sehat dan Indonesia maju,” ujarnya.

Untuk mencapai ini semua, dikatakan Wagub Pemprov Babel memberikan dukungannya dengan fasilitasi dari beberapa Perangkat Daerah yang tugas dan fungsinya sama dengan implementasi Program PKK seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, DP3ACSKB, BKKBN Babel, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

“Saya berharap agar Perangkat Daerah dalam menyusun Rencana Kerja Daerah untuk senantiasa berkolaborasi dan bersinergi dengan Tim Penggerak dan Kader PKK,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Babel, Fazar Supriadi Sentosa mengatakan dalam Peringatan HKG PKK ke-49, BKKBN Babel turut berpartisipasi dengan melakukan pelayanan KB gratis.

“Target kita di tahun 2021 ini 40 ribu peserta KB, tapi saat ini pencapaian kita masih rendah baru mencapai 46 persen peserta KB. Namun untuk pemasangan kontrasepsi jangka panjang yaitu steril wanita atau dikenal dengan tubektomi alias medis operatif wanita (MOW) salah satu jenis kontrasepsi permanen bagi wanita, kita (BKKBN Babel) sudah mencapai target,” ujarnya.

Tubektomi (Metode Operasi Wanita/ MOW) adalah metode kontrasepsi mantap yang bersifat sukarela bagi seorang wanita bila tidak ingin hamil lagi dengan cara mengoklusi tuba falupii (mengikat dan memotong atau memasang cincin).

Fazar menambahkan, adapun upaya untuk mencapai target peserta KB baru, diharapkan Organisasi Perangkat Daerah Keluarga Berencana (OPD-KB) kabupaten/kota bergerak cepat.

“Dengan banyaknya momentum dan upaya OPD-KB dimasing-masing kabupaten/kota serta mitra kerja optimis kepesertaan KB baru akan melampaui target,” tutupnya.

Kegiatan juga diisi dengan pembagian hadiah bagi pemenang lomba yang telah dilakukan sebelum acara puncak hari ini.

Menutup kegiatan, Wakil Gubernur Babel bersama Kepala BKKBN Babel menyempatkan diri mengunjungi stan-stan pameran yang menjual berbagai produk lokal mulai dari makanan hingga kerajinan rajut.

Pada kesempatan ini, Wagub bersama Kepala BKKBN Babel juga mengunjungi stan Dinas Kesehatan Babel untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mulai dari cek gula darah, asam urat dan kolestrol. Di tempat yang sama juga di sediakan vaksin bagi peserta dan tamu undangan yang belum di vaksin.

Kegiatan juga dihadiri oleh Bupati/Walikota serta perwakilannya, Ketua TP PKK Provinsi/Kabupaten dan Kota, serta kader-kader PKK se-Provinsi Bangka Belitung, dan juga Kepala Dinas/perwakilan dari PD terkait.(wa)