Berawal dari Keraguan, Ratih Kini Sukses Setelah Jadi Mitra Binaan PT Timah

PANGKALPINANG, LASPELA – Ratih Susanti merupakan salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan owner Kerajinan DR2 Craft yang telah hampir tiga tahun menjadi mitra binaan PT Timah.

Ratih menuturkan, awalnya ia sempat ragu untuk bergabung menjadi mitra binaan perusahaan plat merah itu, setelah mendapatkan informasi dari teman adanya program CSR PT Timah.

“Pertama tahu dari teman saya, tapi saya masih ragu, karena takut gak bisa bayar iurannya karena usaha seperti ini kan tidak tentu penghasilannya,” katanya, Kamis (28/10/2021)

“Lalu saya penasaran dan tanya ke temen saya yang lain yang juga sudah ikut program mitra binaan ini. Dia bilang kalau bunganya itu rendah, jadi dengan modal coba-coba saya ikut,” katanya.

Banyak manfaat yang dirasakan Ratih sejak bergabung dengan PT Timah, di mana dirinya bisa lebih banyak memproduksi.

“Kalau pakai modal sendiri kan terbatas, dengan minjam ke PT Timah saya bisa belanja bahan baku lebih banyak, dan produksi produk juga lebih banyak. Sehingga produknya lebih beragam,” tuturnya.

Tidak hanya itu, sebelum pandemi Ratih sudah pernah mengikuti event UMKM di Bangka Expo di Belitung kesempatan ini diakui Ratih mendapatkan manfaat yang besar untuk pemasaran produknya.

“Tentu besar sekali manfaatnya, dan berterima kasih dengan PT Timah atas kepercayaan yang telah diberikan,” katanya. (dnd)