PDAM Tirta Sejiran Setason Targetkan 24 Jam Pelayanan

MUNTOK, LASPELA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sejiran Setason, Bangka Barat (Babar) menargetkan pelayanan 24 jam di seluruh Babar.

Demikian diungkapkan Direktur Utama PDAM Sejiran Setason Najamuddin, ditemui Laspela.com di ruang kerja, Senin (22/3/2021).

“Untuk aliran airnya belum maksimal 24 jam menyalurkan ke seluruh daerah yang ada di seluruh Babar, termasuk Jebus dan daerah lainnya. Sedangkan untuk Kecamatan Muntok sudah bisa 24 jam,” katanya.

Najamuddin menambahkan, daerah yang sudah memasang saluran PDAM di wilayah Babar belum mencapai setengah dari total wilayah. “Saat ini PDAM sudah melayani 13 sampai 14 persen dari jumlah penduduk di Babar,” katanya.

“Alhamdulliah pelanggan PDAM sekarang sudah mencapai lima ribu pelanggan, seperti Muntok 3.000 pelanggan, Tempilang kurang lebih 200 pelanggan, Parit Tiga 400 pelanggan, dan Kerabek 900 pelanggan. Tapi bertahap akan kita bangun ke seluruh daerah yang ada di Babar”, katanya.

Saat ini terdapat tiga kecamatan yakni Kecamatan Muntok, Tempilang, dan Parit Tiga. Sedangkan Jebus, Kelapa, dan Simpang Teritip belum dilayani. “Masih butuh kontribusi kepada Pemda Babar agar bisa mencapai 80% persen pengguna PDAM, sehingga bisa PDAM bisa menyumbangkan PAD kepada Babar,” ujarnya.

Rencananya, lanjut Najamuddin PDAM Sejiran Setason akan mengembangkan pembangunan kapasitas penampungan air. Selama ini PDAM Tirta Sejiran Setason masih mengandalkan air dari kaki bukit Menumbing sebagai sumber baku yanSelamag akan disebar ke seluruh pelanggan.

“Insyaallah kita akan mendapatkan bantuan dari APBN dalam hal peningkatkan kapasitas penampungan air seperti Kecamatan Muntok yang saat ini 40.000 liter per detik akan kita ubah menjadi 70.000 liter per detik, sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan,” ujarnya.(Adi)