Home / HEADLINE / Bali Sangat Terkenal di Hongkong, Quo Vadis Wisata Indonesia Lainnya?
Parade budaya yang berlangsung saat pembukaan Ulun Danu Beratan Culture & Art Festival di Tabanan, Bali. Festival ini berlangsung hingga 14 Agustus 2016 mendatang.

Bali Sangat Terkenal di Hongkong, Quo Vadis Wisata Indonesia Lainnya?

HONGKONG, LASPELA– Masyarakat Hongkong baru sebatas mengenal Indonesia lewat Bali. Padahal, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak daerah lain yang bisa dikunjungi.

Country Manager Visit Indonesia Tourism Organization (VITO), Ricky Tse menyebutkan, masyarakat Hongkong memiliki potensi untuk mengenal daerah Indonesia selain di Bali. Masyarakat Hongkong telah mengenal Bali karena Indonesia telah melakukan promosi.

“Sekarang kan Indonesia besar, orang Hongkong tahunya hanya Bali. Walaupun di China, tahunya Bali. (Masyarakat Hongkong), Surabaya dulu tahunya Bromo, Berapa tahun ini Bromonya kurang promosi sehingga lupa,” jelas Ricky lepada KompasTravel, Jumat (17/6/2016) lalu.

General Manager Garuda Indonesia Wilayah Hongkong, Makau, dan China Selatan, Dedy Setiadi mengatakan, persepsi besar yang ada di benak masyarakat Hongkong untuk pariwisata memang hanya Bali.

Hal itu ditunjukkan dengan tingginya penjualan tiket penerbangan Garuda Indonesia dari Hongkong ke Bali. “Kita ada dua rute dari Hongkong. Satu ke Jakarta dan ke Bali. Untuk okupansi ke Bali kita mencapai lebih 90 persen. Tapi itu pesawat diisi turis dari China mainland (daratan),” jelasnya.

Gencarkan Promosi Wisata

Ia menambahkan Indonesia harus lebih banyak berpromosi wisata selain Bali di Hongkong. Dengan begitu, lanjutnya, Indonesia bisa dikunjungi lebih banyak oleh masyarakat Hongkong.

KompasTravel sempat bertanya kepada dua orang Hongkong di Amoy Garden Plaza, sebuah pusat perbelanjaan di Hongkong. Satu orang mengetahui Indonesia yakni Jakarta dan Bali, sedangkan satu orang lainnya tak tahu sama sekali. “Kalau Indonesia yang saya tahu panas. Selain itu gak tahu lagi,” kata pengunjung mal asal Hongkong, Rainbow Lo (22) kepada KompasTravel, Sabtu (17/6/2016).

Acara promosi Wonderful Indonesia di Amoy Garden Plaza, Hongkong yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata berlangsung pada 18 hingga 19 Juni 2016. Pameran ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata di Indonesia langsung ke masyarakat Hongkong.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata telah mengadakan kegiatan promosi Wonderful Indonesia di Mikiki Plaza, Hongkong pada 12-13 Maret 2016 yang lalu. Kementerian juga mempromosikan wisata yacht kepada komunitas yachter di China, Shanghai, dan Hongkong mulai 15 Juni 2016.

Dalam acara pembukaan acara promosi Wonderful Indonesia, hadir pula Konjen RI untuk Hongkong Chalief Akbar dan Country Manager Visit Indonesia Tourism Organization Hongkong Ricky Tse.

Sumber: Kompas 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: