UBB Gelar Job Fair, Disnaker: Mereka Dapat Bekerja Sesuai Kompetensi

PANGKALPINANG, LASPELA – Universitas Bangka Belitung (Babel) menggelar Job Fair yang diperuntukkan kepada para alumni UBB, sebanyak 16 Perusahaan yang ikut bergabung di Job Fair ini. Dengan kegiatan yang digelar di Alumni Gedung Graha PT Timah ini tentu akan berdampak pada pengurangan pengangguran di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Babel, Sunardi menuturkan, dengan digelernya jobdesk ini, para alumni dapat melamar dengan sesuai kompetensi masing-masing.

“Khusus alumni, kalau ada perusahaan kesehatan ya ke kesehatan, sehingga kesempatan mereka diterima itu besar dan ini juga lebih mudah bagi mereka untuk mencari yang sesuai dengan minat nya,” katanya, Minggu (4/12/2022).

Dunia kerja dalam kemajuan dunia digital saat ini memang menjadi tantangan sendiri bagi anak muda, namun bukan tidak bisa para anak muda dpaat bersaing dan masuk ke dalam dunia digital.

“Tentu ada negatif dan positifnya, tapi saya yakin anak-anak muda kita akan memanfaatkan positifnya dan dapat bersaing didunia saat ini,” ujarnya.

Sunardi juga menuturkan, kedepan Pemprov Babel merencanakan untuk menggelar job fair, dengan jangkauan lebih luas lagi untuk menyerap tenaga kerja. “Insha Allah akan menjadi agenda rutin, saya sudah berupaya mudah-mudahan ditahun depan dapat kita laksanakan job desk pemerintah,” ujarnya.

Untuk data pengangguran saat ini ialah didominasi dari lulusan SMP, sementara untuk lulusan SMA/SMK sederajat data penganggurannya berkurang. “Saat ini kami sedang melakukan road show siap kerja, siap usaha, siap kuliag, jadi bagi mereka yang mau bekerja maka kami siapkan dia untuk ikut pelatihan kerja, kalau usaha kami siapkan untuk usaha dan yang kuliah juga kami siapkan untuk kuilah,” tuturnya. (dnd)