Buka Lomba Lempah Kuning Nyamen dan Bazar, Sekda: Kembangkan Makanan Khas Bangka

PANGKALPINANG, LASPELA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawan membuka lomba Lempah Kuning Nyamen dan Bazar yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Pangkalpinang, Kamis (27/10/2022).

Menurut Radmida kegiatan ini memang perlu dilaksanakan, selain melihat kreatifitas UMKM yang ada di Pangkalpinang sambil mengembangkan dan mempertahankan makanan khas Bangka Belitung (Babel) .

“Ini merupakan pengembangan bagi para UMKM dan mengupgrade cita rasa pada produk mereka. Ada juga bazar yang melibatkan UMKM Pangkalpinang, seru sekali,” ujarnya.

Peserta lomba ialah UMKM dari masing-masing Kecamatan di 7 Kecamatan di Kota Pangkalpinang.

“Mereka ini dipilih langsung oleh kecamatan masing-masing, setiap kecamatan ada 5 perwakilan,” sebut Kepala Bidang Ekraf Dispar Pangkalpinang, Susi Erawati.

Ada beberapa indikator dalam penilaian lomba Lempah Kuning Nyamen ini, ialah 50 persen dari segi rasa, lalu 25 persen plating dan 25 persen dari higienitas.

“Semua dinilai dan disatukan nilainya, tidak hanya itu kudapannya juga memberikan nilai plus, yang menang mewakili ke tingkat provinsi,” bebernya.

Kegiatan ini juga untuk merangkul UMKM, membantu UMKM untuk bisa menjual produk-produk UMKMnya.

“Bukan reseller-nya, jadi yang dijual benar-benar produk mereka, ada 2 komunitas yang bergabung ada juga anggota-anggota yang belum bergabung sekarang masih dalam proses,” ujarnya. (dnd)