Ngadu ke Kapolda, Ini Keluhan Nelayan di Pulau Besar

* Mulai BBM mahal hingga aktifitas kapal trawl

TOBOALI, LASPELA – Nelayan yang ada di Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Bangka Belitung (Babel), memanfaatkan momen kunjungan kerja (Kunker) yang dilakukan Kapolda Babel, Irjen Pol Yan Sultra supaya dapat menindaklanjuti sejumlah keluhan.

Disela-sela meninjau lahan ketahanan pangan dan penyaluran bantuan sosial ke masyarakat, Kapolda Babel didampingi Dirkrimsus Polda Babel, Kombes Pol Moh Irhamni dan Kapolres Basel, AKBP Joko Isnawan, sempat berdialog dengan para nelayan sekitar.

“Aspirasi para nelayan diantaranya meminta agar alur sandar kapal diperluas, kemudian mengeluhkan mahalnya bahan bakar minyak (BBM) untuk melaut,” kata Irjen Pol Yan Sultra di Toboali, Selasa (13/9/2022) kemarin.

“Dan nelayan mengeluhkan adanya nelayan luar kerap kali menggunakan pukat harimau atau trawl dan beroperasi di Perairan Pulau Besar,” ujarnya.

Mendengar keluhan nelayan ini, Kapolda Babel mengakui aspirasi masyarakat nelayan tersebut akan dibahas dengan pihak terkait untuk ditindak lanjuti.

“Keluhan dari para nelayan akan kami bahas dan berkoordinasi dengan pihak terkait agar segera ditindak lanjuti,” tegas Kapolda Babel.

“Karena hal-hal semacam ini harus segera diselesaikan, supaya perekonomian nelayan tetap bergerak dan meminimalisir adanya gangguan ketertiban di masyarakat,” pungkasnya. (Pra)