Belum Ada Pendaftar Calon Ketua Baznas Pangkalpinang

PANGKALPINANG, LASPELA – Hingga Kamis (11/3/2021) belum ada yang mendaftar sebagai Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang. Padahal, pendaftaran telah dibuka sejak 1 Maret 2021 lalu.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, Haris Munandar menyoroti persoalan ini.

“Pemilihan Ketua Baznas dibuka pada tanggal 1 Maret lalu dan sampai sekarang belum satu orang pun yang mendaftar, mungkin mereka sedang memproses berkasnya,” ujarnya, Kamis (11/3/2021).

Dirinya menuturkan, banyak proses yang harus dilewati pendaftar untuk bisa menyerahkan berkas pendaftaran dan harus dipenuhi, yaitu surat pernyataan dan keterangan.

“Kami berprasangka baik mungkin mereka masih memproses, kemarin ada satu yang ingin daftar, namun dia belum daftar karena masih berproses ada surat-surat pernyataan dan keterangan harus dipenuhi dan dilengkapi, kami pasti mengikuti aturan Baznas,” katanya.

Seperti surat keterangan dari pengadilan bahwa calon Ketua Baznas tidak pernah terlibat pidana lebih dari 5 tahun dan surat keterangan tidak bergabung dengan partai politik.

Selain itu, kriteria yang menjadi syarat untuk mendaftar ialah usia minimal 40 tahun per 1 Maret, sehat jasmani rohani, berakhlak mulia, beriman Islam.

“Ini sesuai dengan aturan Baznas, jadi yang usianya dibawah 40 tahun itu tidak bisa mendaftar, otomatis yang masih muda tidak bisa ikut,” terangnya.

Haris pun berharap kepada Ketua Baznas terpilih yang baru nanti tetap bersinergi dengan Pemkot Pangkalpinang. (dnd)