Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Pemkab Bangka Siapkan Tambahan Tempat Karantina

SUNGAILIAT, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka siapkan Mes Melati sebagai tempat karantina bagi warganya yang terkonfirmasi positif covid-19, Kamis (8/10/2020).

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan mes yang berada di jalan Pemuda Sungailiat tersebut sebagai tempat antisipasi jika tempat karantina di Provinsi Bangka Belitung penuh.

“Kita ada keinginan untuk menyediakan fasilitas karantina sendiri tapi ini sebagai antisipasi karena selama ini kita mengandalkan provinsi. Di sana sudah menampung seluruh kabupaten/kota di pulau Bangka,” ungkapnya.

Menurutnya, lokasi tersebut disiapkan untuk persiapan jika terjadi lonjakan pasien terkonfirmasi positif covid-19 dimana setiap daerah seharusnya menyediakan fasilitas karantina sendiri.

“Jangan sampai nanti ada masyarakat kita yang terdampak, tetapi tidak ada tempat penampungan (karantina-red),” tegas Mulkan.

Saat ini kabupaten bangka hanya memiliki ruang isolasi bertekanan negatif di Rumah Sakit Depati Bahrin Sungailiat yang saat ini diisi oleh enam orang terkonfirmasi positif covid-19.

Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan saat ini total pasien terkonfirmasi positif covid-19 di bangka mencapai 116 dimana 83 orang sudah dinyatakan sembuh.

“Saat ini 33 orang masih dikarantina, 27 diantaranya dikarantina di Balai Karantina Provinsi Babel, dan enam di ruang isolasi bertekanan negatif RSUD Depati Bahrin,” ungkapnya.

Ia berharap agar masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan dengan mengikuti instruksi pemerintah menjalan 3M.

“Dengan menjalankan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir tentu bisa menekan terjadinya penyebaran Covid-19. Ini yang terus kami tekankan ke masyarakat luas,” tegas Boy.(mah)