Passing Grade Turun, CPNS Banyak yang Lulus

MANGGAR, LASPELA– Diturunkannya nilai ambang batas atau passing grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Tahun 2019 berimbas positif. Para peserta tes di BKPSDM Kabupaten Beltim banyak yang lulus, Selasa (4/2/2020).

Pada pelaksanaan hari pertama tes, Senin (3/2/20) ini saja dari sekitar 500 peserta yang ikut seleksi sudah 245 orang dinyatakan lulus passing grade SKD. Setiap sesi setidaknya ada 48-an orang yang lulus.

Ada pun nilai passing grade untuk SKD Seleksi CPNS 2019 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 126, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65. Nilai ini turun dari tahun CPNS 2018 lalu yang mencapai 143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK.

Kepala BKPSDM Kabupaten Beltim Yuspian mengakui diturunkannya passing grade terutama untuk nilai TKP membuat banyak peserta yang lulus. Hal ini sangat berbeda pada saat seleksi CPNS 2018 lalu.

“Kalau dulu (Tes CPNS 2018-red) satu satu sesi aja sulit mau tembus lima orang yang lulus passing grade, sekarang satu sesi bisa sampai 50-an orang yang lulus SKD,” ungkap Yuspian.

Banyaknya peserta yang lulus akan membuat peluang terisinya seluruh formasi kian besar. Namun Mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Beltim itu berharap agar peserta yang lulus tidak tertumpuk di formasi tertentu.

“Kalau sekarang kan belum keliatan formasi mana saja yang sudah pasti terisi. Cuma yang jelas kita berharap yang lulus merata di seluruh formasi,” harap Yuspian.

Bagi para peserta yang lulus passing grade SKD, masing-masing akan di kelompokkan sesuai dengan formasinya. Jumlah peserta yang lolos ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yakni 3 kali jumlah formasi.

“Misalnya untuk formasi Pranata Humas ada 3 formasi, maka yang akan ikut untuk SKB 9 orang. Kalau ada 15 orang yang lolos SKD maka kita urutkan dari nilai yang tertinggi,” jelas Yuspian.

Pada pelaksanaan hari pertama ini dari 500 orang yang dijadwalkan ikut, 14 orang dinyatakan absen dan langsung gugur. Hingga saat ini untuk nilai tertinggi SKD baru mencapai nilai 408 atas nama Vebry Ardiansih, sedangkan tahun lalu nilai SKD mencapai 450.(wah)