Dua KEK Bangka Disambut Positif

Oleh: Agus Ismunarno
Wartawan LASPELA GROUP

  • Arief Yahya: KEK Pariwisata Solusi Terbesar Bypass Birokrasi
  • Gubernur Erzaldi: Event Internasional Bakal Banjiri Babel
  • Flight Langsung Denpasar – Babel untuk Tarik Wisman

 

MENTERI PARIWISATA Arief Yahya akhirnya memenuhi janjinya untuk memroses dan selanjutnya menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bangka sesudah Pemerintah Pusat lebih dulu menetapkan Tanjung Kelayang, Belitung sebagai KEK Pariwisata.

“KEK Pariwisata Bangka pasti kita tetapkan,” tandas Menteri Arief Yahya kepada LASPELA, di sela-sela Rapat Pimpinan Nasional KADIN (Kamar Dagang dan Industri) di Jakarta, 1 Desember 2016.

Bahkan, Senin, 22 Januari 2018, Menteri Arief Yahya langsung menanggapi positif dua lokasi KEK sekaligus yaitu KEK Pariwisata Pantai Timur, Sungailiat, Kabupaten Bangka dan KEK Pariwisata Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah yang diajukan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung H Erzaldi Rosman.

Orang nomor satu di Kementrian Pariwisata itu menandaskan, “KEK adalah solusi terbesar untuk menarik investasi masuk dan mem-by pass birokrasi yang berbelit-belit di Indonesia!”

Menpar Arief Yahya segera menindaklanjuti apresiasi atas permohonan Gubernur Babel dengan langsung menugaskan Hiramsyah S. Thaib dan Azwir Malaon selaku Personal in Charge untuk mendukung terselenggaranya kedua KEK Pariwisata di Babel tersebut.

Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kata Gubernur Erzaldi, sedang dalam proses melaksanakan transformasi dari sektor pertambangan timah secara bertahap dan ingin mengalihkan menuju sektor pariwisata. Langkah konkret yaitu, menciptakan sebanyak mungkin destinasi wisata.

Gubernur Erzaldi dalam audiensi yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ahmad Rivai beserta jajaran menyampaikan,“Tatkala timah turun, pariwisata naik.”

“Banjir” Event Internasional

Selain mengajukan permohonan Dua KEK Bangka, Gubernur Erzaldi juga menyampaikan kepada Menteri Arief Yahya bahwa Bangka Belitung dipastikan bakal “kebanjiran” even bertaraf internasional.

Sejumlah even tersebut diyakini bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Babel. Saat ini sudah sebanyak enam negara ingin menggelar even bertaraf internasional. Untuk itu Gubernur Erzaldi Rosman mengharapkan dukungan dari Kementerian Pariwisata dalam mewujudkan keinginan menggelar berbagai even tersebut.

Orang nomor satu di Babel tersebut mengatakan, “Kami mohon Kementrian Pariwisata mendukung dua even internasional yakni, Jazz dan Percussion. Sudah ada enam negara confirmed akan hadir ke Babel, difasilitasi dubes masing-masing, contohnya dari Brazil. Selain itu ada MX GP dan Triathlon Internasional di Babel.”

Atas permohonan Gubernur Erzaldi, Menpar Arief Yahya langsung berjanji mendukung pelaksanaan even dimaksud, terutama even yang bakal menjaring wisman. Selanjutnya Menpar menugaskan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata 1, I Gde Pitana untuk merealisasi dukungan Kementrian Pariwisata.

Tak hanya itu, pasalnya Menpar juga menugaskan jajarannya membantu Gubernur Babel berkomunikasi dengan Meta Sport selaku EO internasional penyelenggara Bintan Triathlon, untuk melaksanakan even akbar serupa di Babel.
Direct Flight Babel – Denpasar

Gubernur Erzaldi Rosman juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Pemerintah Pusat sehingga tercapai berbagai kemajuan konektivitas bisnis dan pariwisata. Hingga saat ini setidaknya sudah terdapat tiga kali penerbangan langsung Tanjungpandan, Belitung-Singapura (PP).

Tak hanya itu, sebab destinasi wisata di Bangka Belitung menarik perhatian wisatawan mancanegara dari Shanghai untuk terbang direct ke Belitung. Sejumlah penerbangan ini membuktikan tingginya minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Bangka Belitung.

Saat ini, jelas Erzaldi kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya, sudah ada lima penerbangan PP Bangka-Belitung dan setiap hari fully loaded. Sesudah menyampaikan permohonan dua KEK Pariwisata Bangka dan dukungan terhadap even internasional, Gubernur Erzaldi juga mengharapkan pemerintah pusat mendukung airport connectivity baru ke Babel dari Denpasar.

Gubernur Erzaldi beraalasan, “Penerbangan langsung Denpasar Babel itu untuk menarik wisman dari “kantong” destinasi Bali.”

Menpar memenuhi permintaan Gubernur Erzaldi dan meminta Gubernur Babel berkoordinasi dengan Staf Khusus Menpar Bidang Aksesibilitas Judi Rifajantoro dalam memformulasikan rencananya. Sejumlah deputi di Kementerian Pariwisata RI juga diminta untuk membantu Gubernur Babel. (*/tkg)